https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SDN TAMBAKREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 | Prastuti | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SDN TAMBAKREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Ika Yuli Prastuti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran inkuiri dan meningkatkan pemahaman siswa kelas V SDN Tambakrejo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan  metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 59,67% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,2%. Peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16,53%. Sedangkan hasil pemahaman siswa pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebesar 58,06% dan siswa yang tidak mencapai KKM sebesar 41,93% sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 80,64% dan siswa yang tidak mencapai KKM turun menjadi 19,36%.

 

Kata Kunci: keaktifan belajar, strategi pembelajaran, inkuiri


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v2i1.404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.